tepat dibawah BPK 0i klaten: Iwan Fals Sahabat Dekat Mbah Surip BPK 0i klaten: Iwan Fals Sahabat Dekat Mbah Surip

Kamis, 01 September 2011

Iwan Fals Sahabat Dekat Mbah Surip


Artis penyanyi yang dikenal secara tiba-tiba di blantika musik Indonesia dengan lagunya yang berjudul ”Tak Gendong” juga sirna dari dunia hiburan secara tiba-tiba. Tepat di puncak kariernya di dunia hiburan, tanggal 4 Agustus 2009 Mbah Surip menghembuskan nafas terakhir. Masih banyak kisah Mbah Surip yang belum terungkap ke depan publik.
Salah satunya adalah mengenai kedekatan Mbah Surip dengan pelantun lagu “Galang Rambu Anarki”, Iwan Fals. Iwan Fals adalah sosok penyanyi yang terkenal dengan lagunya yang berani dalam mengkritik pemerintah dan mengangkat masalah sosial ke dalam lagunya. Iwan Fals adalah penyanyi yang memulai kariernya di dunia musik sejak tahun 1980-han.
Iwan Fals dan Mabh Surip pernah dekat di tahun 1980-an. Mereka adalah pencipta lagu dan penyanyi satu angkatan. Walaupun baru tenar di tahun 2009 sebenarnya Mbah Surip sudah berkecimpung di dunia musik Indonesia sejak tahun 1980-an. Mbah Surip mencipta lagu dan menyanyikan lagu sejak dulu, namun tidak satu pun lagu yang Mbah Surip ciptakan diterima oleh label rekaman.
Karena tidak satu pun lagu Mbah Surip diterima oleh label rekaman, Mbah Surip memutuskan untuk merantau ke Amerika Serikat, bekerja di sebuah perusahaan tambang minyak bumi.
Di saat ketenarannya Mbah Surip bertemu dengan teman lamanya, Iwan Fals. Mereka pernah melukis bersama di rumah Slamet, seorang seniman dan kolektor lukisan. Rumah tersebut terletak di daerah Ujung Aspal, Bekasi, provinsi Jawa Barat. Mereka melukis tidak berapa lama sebelum Mbah Surip wafat.
Waktu itu Mbah Surip melukis dengan santai. Mbah Surip adalah karakter orang yang santai dalam menghadapi masalah. Berbeda dengan Iwan Fals, dia lebih cepat mengerjakan lukisannya. Sembari melukis, Iwan Fals tidak hentinya berbicara tentang politik.
Di saat bencana gempa melanda Ranah Minang, lukisan hasil karya dua orang seniman ini dilelang. Dan Hasil lelang sepenuhnya disumbangkan kepada korban bencana gempa di Padang dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentar berupa kritikan atau saran buat admin

Mohon masukkan komentar di buku tamu....