tepat dibawah BPK 0i klaten: Iwan Fals: Sumber Inspirasi Indonesia BPK 0i klaten: Iwan Fals: Sumber Inspirasi Indonesia

Kamis, 01 September 2011

Iwan Fals: Sumber Inspirasi Indonesia



lagu iwan falsBuat penikmat musik, Iwan Fals adalah legenda hidup dengan kharisma nyaris tak tertandingi. Bagi fansnya, Iwan Fals ibarat dewa yang tak lekang oleh waktu.Lagu Iwan Fals seolah menjadi “corong” untuk menyuarakan kegelisahan hati mereka. Lirik-lirik lagunya selalu menyuarakan keresahan orang-orang kecil, orang-orang yang tertindas. Akibat kekritisan lirik lagunya, tak jarang seorang Iwan Fals harus berurusan dengan aparat di masa lalu.
Jaman boleh berubah, akan tetapi kharisma seorang Iwan Fals sebagai seorang “pendobrak” kemapanan akan selalu melekat di hati penggemarnya. Lagu iwan fals bagaikan sumber inspirasi yang tak akan pernah lekang oleh jaman.
Bagaimana tidak, lirik Iwan Fals selalu terasa obyektif dan relevan di segala perubahan jaman di negara ini. Bagi Iwan Fals sendiri, lagu-lagunya ia ciptakan ketika masa Orde Baru. Iwan Fals merasa bahwa ia perlu menyampaikan isi hatinya sendiri, yang secara kebetulan mewakili isi hati orang banyak bahwa banyak hal yang harus dibenahi di negeri ini. Hebatnya, lirik lagu Iwan Fals tetap relevan hingga saat ini, mungkin karena kurang lebih belum banyak perubahan di negara kita. Iwan Fals tak pernah ragu menyentil bahkan menyodok pejabat dan penguasa dengan lirik yang tajam. Penguasa yang tak “amanah” tak pernah lepas dari kritikan pedas seperti tertuang dalam lirik lagunya.
Lirik Iwan Fals yang selalu mengangkat tema-tema kemanusiaan serta kesenjangan sosial yang tercipta karena ketidakmampuan pemerintah untuk meratakan kesejahteraan rakyat selalu menggelorakan semangat rakyat untuk meneriakkan perubahan, terutama pada penguasa dan pejabat korupsi. Mungkin, salah satu lagu yang dianggap sangat mewakili ungkapan hati rakyat kecil adalah Bongkar Iwan Fals. Iwan Fals seolah menelanjangi para penguasa yang hatinya tak terketuk oleh derita rakyat kecil dimana kepedihan dan kesedihan rakyat kecil hanya dijadikan tontonan serta komoditas di masa kampanye. Dalam Bongkar Iwan Fals, kita bisa mendengar teriakan seorang Iwan Fals tentang buruknya tabiat penguasa yang sudah diperbudak jabatan. Bongkar Iwan Fals adalah sebuah lagu yang fenomenal, sefenomenal penyanyinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentar berupa kritikan atau saran buat admin

Mohon masukkan komentar di buku tamu....